Hipnoterapi

Kamis, 14 Februari 2013



Alam bawah sadar atau yang suka disebut jiwa atau pikiran bawah sadar adalah pusat kontrol manusia dalam berpikir sehari-hari. Manusia beraktivitas biasa-biasapun baik dia sadar atau tidak sadar, selalu tergantung dari apa yang terprogram dalam alam bawah sadarnya. Ingatan di otak adalah bagian utama program dari alam bawah sadar si manusia agar beraktivitas sehari-hari dalam keadaan sadar. Salah satu contoh adalah kemampuan menyetir kendaraan berotor yaitu mobil. Ketika masih belajar menyetir, otak manusia benar-benar berkosentrasi agar cara-cara menyetir mobil benar-benar masuk ke dalam gudang memori.

Selanjutnya setelah beberapa otak akan menyusun secara rapih ingatan-ingatan tersebut, maka alam bawah sadar akan secara otomatis menjalankan progaram sehingga kita tidak usah kepayahan berkosentrasi menyetir mobil tersebut. Begitupula dengan trauma dan fobia. Trauma dan fobia amat erat kaitannya dengan ingatan kita. Ketika kita mengalami kejadian buruk dan itu benar-benar membekas dalam ingatan, maka respon dari alam bawah sadar akan otomatis memprogram pikiran kita disaat sadar bahwa kita bertemu hal-hal mirip atau berkaitan dengan ingatan buruk kita, maka kita akan menjauhi hal tersebut.

Manusia pada dasarnya memiliki roh yang berfungsi sebagai baterai dan jiwa yang berfungsi sebagai energinya. Jiwa ibarat software yang berada di otak sebagai hardware. Ibarat sebuah komputer, yang disentuh terapi hinosis sebenarnya software, yakni jiwanya. Bukan otak yang bisa diibaratkan hardware. Nah, tugas hipnosis adalah mengungkap rekaman-rekaman dalam alam bawah sadar, membuang rekaman-rekaman negatif, dan memasukkan yang positif.

Proses hipnosis yang terjadi adalah terapis memandu subjek agar dapat dengan mudah mauk ke dalam keadaan hipnosis. Tindakan atau perilaku yang terjadi karena proses hipnosi oleh terapis adalah hasil sugesti yang sangat persuasif sehingga subjek terpengaruh.

Proses hipnotis berperan membantu bagaimana alam bawah sadar itu terbuka, dan disaat terbuka itulah program-program yang sudah tertanam di alam bawah sadar bisa kita setting sesuai kehendak kita. Memang program itu tidak mungkin kita hapus, tapi kita bisa melakukan penutupan program agar fobia atau trauma tersebut bisa dihilangkan, yaitu dengan menanamkan ingatan-ingatan yang baru untuk mangcounter ingatan yang lama, di mana ingatan kejadian terburuk tersebut menimpa si pasien. Di samping itu, hipnotis juga bisa berguna untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri kita, termasuk meningkatkan motivasi kita untuk mencapai sesuatu.

Dengan hipnotis,orang yang sakit bisa mempercepat pemulihan tubuhnya sendiri secara maksimal dan juga mengurangi rasa sakit yang diderita. Hipnoti juga sangat efektif diterapkan pada pasien-pasien psikosomatis, yaitu penyakit fisik yang diakibatkan beban stress yang terakumilasi. Dan juga dalam kondisi terhipnotis, seseorang mudah diii program pada alam bawah sadarnya. Ini yang kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan terapi, dari berbagai kasus kejiwaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Mengenai Saya

Foto saya
Kenalin Teman, namaku Miftahul Khoirul Azizah. . . Aku lahir di Kediri, tepatnya pada tanggal 14 Oktobe 1995. Dan saat ini, aku sedang mengenyam pendidikan di salah satu sekolah favorit di Kotaku. Yakni, Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Salam kenal ya. . . :)

Blogroll

About

Blogger templates

Blogger news